You are here
Home > Diet > Sudah Diet Tapi Berat Badan Tidak Turun? Mungkin Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tidak Turun? Mungkin Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini

Diet sepertinya telah menjadi kata yang paling akrab di telinga, diet pada umumnya dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun ada kalanya meskipun sudah menjalankan diet tetapi berat badan tidak kunjung turun juga. Hal ini disebabkan bisa jadi bukan karena metode Anda dalam diet yang salah, namun Anda harus merubah cara diet yang Anda lakukan.

Ada yang berhasil, ada juga yang gagal dan berakhir di rumah sakit karena kekurangan cairan. Hmmm, menjalani program diet si boleh saja, tapi coba pikirkan baik-baik soal kesehatan. Kesalahan yang terjadi pada saat menjalankan diet kebanyakan tidak disadari oleh semua orang. Hal inilah yang menyebabkan kesalahan tersebut sering terulang dan hasil yang diharapkan tidak didapatkan. Nah, inilah 5 kesalahan saat melakukan diet yang perlu Anda hindari.

1. Melawatkan Sarapan

Menurut pendapat sebagian orang mengatakan bahwa sarapan merupakan hal yang penting yang harus dilakukan. Ya, pendapat tersebut memanglah benar adanya, karena pada malam hari ketika tidur Anda telah berpuasa, sehingga pada pagi hari tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi. Jika Anda membiarkan hal ini dengan tidak sarapan, maka otot akan kekurangan energi hal ini menyebabkan sistem metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Terlebih lagi kemampuan otot untuk membakar kalori akan berkurang sehingga berat badan pun tidak akan kunjung turun. Untuk itu Anda diharapkan jangan melawatkan sarapan sebelum beraktifitas dipagi hari. Menu sarapan yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, Anda harus sarapan menggunakan dengan kadar nutrisi yang seimbang.

2. Makan Terlalu Sedikit

Sesuai aturan, makan haruslah sebanyak  tiga kali dalam sehari. Hal ini merupakan kebutuhan agar tubuh tetap sehat dan energi didalam tubuh tetap terjaga. Tetapi wanita yang sedang melakukan diet kerap kali meninggalkan makan dan ketika makanpun biasanya hanya dengan dengan porsi yang sedikit. Sebenarnya makan merupakan hal yang penting meskipun anda sedang diet. Hal ini dibuktikan bahwa pada malam hari tubuh membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak, apabila makanan yang masuk kedalam tubuh sedikit maka energi yang dihasilkalkan pun akan sedikit. Sedangkan dimalam hari tubuh masih menjalankan aktifitas. Nah, karena kekurangan energi maka aktifitas andapun akan berkurang, sehingga tubuh pun hanya mampu membakar sedikit kalori dan lemak saja.

3. Kurang Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor untuk menunjang keberhasilan diet Anda. Namun waktu tidur seringkali diabaikan. Menurut penelitian seseorang yang tidur dengan waktu yang kurang maka tubuhnya akan membuat produksi hormon koristol, produksi insulin dan gula darahpun akan naik. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lapar dan menjadikan resistensi insulin, dimana resistensi insulin ini akan menjadikan tubuh menyimpan lebih banyak lemak.

4. Kurang Minum Air Putih

Ini yang biasanya dilupakan banyak orang saat sedang melakukan diet. Ingat, baik saat sedang diet ataupun tidak, minum air putih itu sangat penting untuk tubuh Anda. Jadi, jangan pernah melewatkan hari-hari tanpa minum air putih supaya Anda tidak terkena dehidrasi.

5. Balas Dendam Setelah Olahraga

Balas dendam setelah olahraga dengan makan secara berlebih merupakan kesalahan yang fatal dan juga tidak disadari. Setelah belorahraga tubuh menjadi lapar memanglah hal yang wajar, karena kalori pada saat olahraga telah dibakar. Misalkan anggap saja pada saat olahraga Anda membakar kalori sebanyak 500 kalori, tetapi setelah berolahraga karena Anda merasa kelaparan maka akhirnya Anda makan tanpa memperhitungkan jumlah makanan yang dimakan. Dan yang terjadi yaitu jumlah kalori yang dibakar pada saat olahraga sebesar 500 kalori namun yang dikonsumsi sebesar 600 kalori setelah berolahraga, dan akhirnya berat badan Anda bukannya berkurang malah akan lebih bertambah.

Itulah merupakan 5 kesalahan yang menyebabkan berat badan Anda tidak turun juga meskipun telah diet. Dan yang perlu anda ingat bahwa konsisten pada saat diet merupakan prinsip utama demi tercapainya hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Top