You are here
Home > Tips Bercinta > Mengapa Pria Langsung Tertidur Usai Berhubungan Seks, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Mengapa Pria Langsung Tertidur Usai Berhubungan Seks, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Ada satu hal yang sering menjengkelkan para wanita di seluruh dunia, adalah pria yang langsung tertidur usai berhubungan seks. Menyebalkan bukan? Setiap wanita pasti pernah mengalami hal itu.

Namun berbeda dengan pria, para wanita biasanya tak bisa langsung memejamkan mata dan masih ingin melanjutkan kemesraan.

Mengapa Bisa Begitu?

Sebenarnya pria tak bisa disalahkan sepenuhnya. Langsung tertidur itu ternyata disebabkan karena peningkatan kadar hormon prolaktin. Hormon ini memang naik kadarnya usai ejakulasi.

Prolaktin akan menekan dopamin, neurotransmitter yang membuat kita merasa ingin melek. Hormon prolaktin pada wanita tidak setinggi itu setelah berhubungan seksual. Tetapi, prolaktin bukan satu-satunya alasan mengapa rasa kantuk langsung muncul. Hormon bahagia, oksitosin, juga meningkat selama berhubungan seks sehingga semua hal yang membuat stres langsung dilupakan. Akibatnya, tubuh pun lebih rileks dan mata jadi mudah terpejam.

Jika kamu berhubungan seks dengan lampu menyala, tubuh akan memberikan sinyal jam biologis ini waktunya tidur. Ketika itu terjadi, hormon melatonin akan naik. Saat prolaktin, oksitosin, dan melatonin, muncul bersamaan, tidur pun lebih mudah didapatkan dan tentunya lebih nyenyak.

Bagaimana jika kita tak ingin merasa lelah setelah bercinta?

Sebaiknya kamu terjaga dulu sejenak. Mengobrol dengan pasangan bisa membantu kita tak langsung tidur. Selain itu, jauhi tempat tidur usai bercinta. Otak kita terlanjur mengaitkan tempat tidur sebagai tempat untuk tidur.

Itulah sedikit pembahasan tentang mengapa pria langsung tertidur usai berhubungan seks. Semoga bermanfaat.

Top