You are here
Home > Kesehatan > Ini Penjelasan Mengapa Rambut Tangan, Kaki, dan Kemaluan Tidak Memutih Seperti Rambut Kepala

Ini Penjelasan Mengapa Rambut Tangan, Kaki, dan Kemaluan Tidak Memutih Seperti Rambut Kepala

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa rambut yang tumbuh di tangan, kaki, dan kemaluan berbeda dengan rambut di kepala. Umumya rambut yang tumbuh mulai dari yang panjang dan tebal seperti pada kepala, hingga rambut halus atau velus pada wajah. Lalu apa yang membedakan? Mengapa rambut pada kemaluan dan ketiak lebih tebal dari rambut pada tangan dan kaki, atau, mengapa warna rambut kepala bisa berubah menjadi putih sedangkan rambut pada kemaluan tidak? Mari kita cari tahu.

Rambut, atau yang dalam istilah awam sering disebut bulu, pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh folikel pada kulit. Beberapa bagian tubuh memiliki folikel sedangkan bagian yang lain tidak memiliki folikel. Kondisi folikel antara satu orang dengan orang lain akan berbeda tergantung pada faktor genetik, hormon, usia, lingkungan, penggunaan obat oles, serta makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Kondisi rambut juga berbeda tergantung area ia tumbuh. Rambut kepala misalnya, rambut tersebut bersifat lebih gelap sama seperti rambut pada ketiak dan selangkangan. Karakter itu berbeda dengan rambut halus pada bagian kulit yang lain, seperti pada wajah.

(Karakteristik rambut) bervariasi intraindividu, tergantung lokasi rambut. Rambut kepala adalah rambut terminal yang tebal dan lebih gelap, demikian juga di area lain misalnya ketiak, selangkangan, dan sebagian orang pada dada, lengan, dan tungkai. Sedangkan area lain banyak (ditumbuhi) rambut berupa rambut velus yang halus dan tidak berwarna. Mengenai perbedaan struktur rambut pada masing-masing area, penyebabnya ialah faktor siklus hidup dan karakteristik folikel rambut itu sendiri.

Rambut merupakan organ yang unik. Karena dalam setiap siklus hidupnya akan mengalami tiga fase yaitu fase pertumbuhan (anagen), fase istirahat (telogen), dan transisi (katagen). Lamanya masa pertumbuhan dan istirahat rambut di berbagai area tubuh berbeda-beda. Ada yang lama berada pada fase pertumbuhan, misalnya rambut di kepala. Sebaliknya rambut di lengan, tungkai, alis, bulu mata berada lama pada fase istirahat sehingga pertumbuhannya berjalan lambat. Bisa dibayangkan bukan bila bulu mata dan alis tumbuh cepat, tentu kita akan kerepotan untuk memotongnya.

Bagaimana dengan rambut kepala dan rambut kemaluan, mengapa rambut kemaluan tidak memutih seperti rambut kepala?

 Rambut pada kepala maupun kemaluan sama-sama akan berubah seiring pertambahan usia. Perubahan warna pada rambut kemaluan mungkin tidak terlihat terlalu kentara karena hanya mengalami pemudaran warna saja. Dengan bertambahnya usia, maka rambut baik di kepala maupun kemaluan tidak selebat saat usia produktif (20 hingga 30-an tahun), hal ini dipengaruhi oleh kadar hormonal tubuh. Selain dapat terjadi perubahan tekstur rambut menjadi lebih kasar, dapat pula terjadi perubahan warna rambut yang memutih atau memudar warnanya.

Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai mengapa rambut kemaluan tidak memutih seperti rambut kepala. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Top