You are here
Home > Dunia Kerja > Gaji Cepet Abis? Mungkin Ini Penyebabnya..

Gaji Cepet Abis? Mungkin Ini Penyebabnya..

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi seorang karyawan adalah gaji bulanan yang habis sebelum waktunya. Fenomena gaji bulanan yang habis ditengah jalan sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Berikut adalah penjelasan mengenai akar permasalahan sehingga gaji menjadi cepat habis padahal waktu untuk gajian masih sangat lama.

Hobi Berhutang

Orang yang masuk dalam golongan ini sangat suka membeli barang dengan kartu kredit. Bahkan, tidak sedikit juga yang menambah limit kartu kreditnya sebagai tambahan penghasilan bulanannya.

Tidak Mampu Membedakan Tabungan, Simpanan dan Investasi

Saat ini banyak orang yang tidak mampu membedakan tabungan, simpanan dan investasi. Sebagian besar karyawan menerima gaji melalui rekening tabungan. Seharusnya, dalam tabungan mutasi kredit lebih banyak dan hanya didebit sesekali saja untuk membayar kebutuhan yang sudah direncanakan. Namun kenyataannya, seringkali mutasi debit lebih banyak jika dibandingkan dengan mutasi kredit.

Gaya Hidup Tinggi

Menjalani gaya hidup tinggi yang sudah menjadi penyakit di tengah masyarakat perkotaan saat ini sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah membagi pengaturan uang ke dalam tiga rekening. Rekening pertama untuk kehidupan sehari-hari, rekening kedua untuk tabungan, dan rekening ketiga untuk kebutuhan hiburan, seperti liburan dan jalan-jalan.

Mengatur keuangan sebenarnya bukanlah perhitungan yang rumit. Tetapi bila kita tidak tahu cara mengendalikannya, hasilnya akan memusingkan. Untuk itu kamu harus mampunyai tekad yang kuat untuk menahan keinginan dan mengedepankan kebutuhan. Serta disiplin menabung dan mengatur anggaran bulanan dengan baik.

Leave a Reply

Top